Minggu, 26 Juni 2016

TUGAS 7 Dampak Komputer Terhadap Perkembangan Bisnis

Diposting oleh nimas leonita di 04.43
Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa perubahan yang berpengaruh besar terhadap dunia bisnis. Everett M Rogers dalam bukunya Communication Technology (1986), mengemukakan bahwa teknologi informasi merupakan perangkat keras bersifat organisasi dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses dan saling bertukar informasi dengan individu atau khalayak lain.
Bisnis dapat diartikan sebagai aktivitas yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan maksud untuk memperoleh manfaat atau keuntungan. Menurut Griffin dan Ebert (1996) yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa dan bertujuan untuk menghasilkan laba. Dengan demikian, bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan sehari-hari.
Saat ini dampak komputer terhadap perkembangan bisnis tidak dapat dibantah lagi. Dampak positif dengan hadirnya komputer diantaranya adalah dengan meningkatkan produktivitas dalam bekerja, misalnya dalam percetakan buku, semua tugas dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh komputer sehingga dalam waktu yang singkat dapat mencetak buku dengan jumlah yang banyak. Pada saat ini manusia tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas yang berat.
Internet membawa perubahan yang cukup besar terhadap bisnis dan melahirkan sebuah istilah yang disebut e-business. Kotler (2003) mendefinisikan e-business sebagai “penggunaan alat dan platform elektronis untuk melaksanakan bisnis perusahaan”. Secara lebih jelas, O’Brien (2001) mendefinisikannya sebagai “penggunaan teknologi-teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunikasi serta kolaborasi di dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis yang lain”.

DAFTAR PUSTAKA
Rogers, Everet M. 1986. Communication Technology. New York: Prentice -Hall Company. 
Griffin, Ricky W. and Ronald J. Elbert. 1996. Business. 1st edition. Prentice Hall.
Kotler. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
O’Brien, James A. 2001.  Introduction to Information Systems: Essentials for The Internetworked E-business Enterprise. 10th Edition. New York: McGraw Hill.


0 komentar:

Posting Komentar

 

nimas leonita :D Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea