Sabtu, 30 November 2013

isd 5

Diposting oleh nimas leonita di 02.52
NAMA      : NIMAS LEONITA SARI
NPM        : 16113444
KELAS     : 1KA01
MATKUL  : ILMU SOSIAL DASAR#

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
        Pelapisan sosial itu tingkatan masyarakat , terjadinya pelapisan sosial itu karena adanya perbedaan di tingkatan masyarakat itu sendiri , contohnya itu bisa di liat dari tingkatan kekayaan , kekuasaan , kehormatan dan ilmu pengetahuan , yang paling tinggi itu yang paling atas tingkatannya dan yang paling rendah juga yang paling bawah tingkatannya
        Misalnnya diliat dari tingkatan kekayaan , orang yang tingkat kekayaannya lebih banyak itu menempati tingakatan yang pertama atau yang paling atas , yang punya kekayaanya rata-rata menempati tingkatan yang kedua atau di tengah , yang tidak punya kekayaan menempati tingkatan yang ketiga atau yang paling bawah. Sama juga dengan tingkat kekuasaan , kehormatan dan tingkat ilmu pengetahuan . contoh kekuasaan yang paling atas yaitu presiden , wapres dan para anggotanya , yang tengah seperti ketua RW , ketua RT dan lainnya , dan yang paing bawah yaitu masyarakat yang tidak punya kekuasaan. Contoh ilmu pengetahuan yang paling atas yaitu kuliah S1,S2,S3 , yang tingkat tengah itu kaya SMA,SMP,SD , dan yang paling bawah itu orang yang tidak sekolah .
        Kesamaan derajat itu sifat yang menghubungkan manusia dengan lingkungan masyarakat. Contoh di dalam keluarga itu misalnya kalau ada keluarga yang sedang kena musibah maka semua keluarga dating untuk membantu. Contoh di sekolah jika ada murid yang sakit maka guru dan teman-temannya datang untuk menjenguk. Contoh di masyarakat jika ada tamu yang datang harus memperlakukan dengan sopan .

        

0 komentar:

Posting Komentar

 

nimas leonita :D Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea