Sabtu, 12 Oktober 2013

TUGAS 1 ILMU SOSIAL DASAR#

Diposting oleh nimas leonita di 19.59
NAMA     : NIMAS LEONITA SARI
NPM       : 16113444
KELAS    : 1KA01
MATKUL : ILMU SOSIAL DASAR #


PENDUDUK , MASYARAKAT , KEBUDAYAAN
Penduduk masyarakat dan kebudayaan itu 3 komponen yang saling berhubungan di dalam kehidupan sosial kita , yang pertama akan kita bahas adalah penduduk penduduk itu adalah sekumpulan manusia yang tinggal di daerah tertentu di Indonesia dengan bermacammacam rupa seperti agama , budaya , dan ada juga yang bukan asli dari Indonesia contohnya penduduk pendatang mereka dari Negara luar yang datang lewat jalur perdagangan dan akhirnya jadi penduduk Indonesia
Yang kedua itu Masyarakat masyarakat itu adalah sekumpulan manusia yang hidup dengan cukup lama di setiap wilayah yang ada di Indonesia , setiap  masyarakat bisa saling berhubungan dengan adanya sosial media karna kita hidup harus saling bersosialisasi jadi dengan adanya sosial media kita bisa tetap berhubungan dengan orang lain yang kita belum pernah bertemu atau kenal satu sama lain walaupun hanya dengan perantara sosial media kita sudah termasuk bersosialisasi , dengan adanya sosial media juga bisa terjadi kejahatan .
Yang terakhir adalah kebudayaan yaitu hal yang berhubungan dengan akal dan budi  manusia , meurut para ahli kebudayaan itu ada 4 unsur pokok yaitu 1. Alatalat teknologi seperti gadget dan sosial media juga termasuk kebudayaan kita yang kurang bagus jadi terkadang manusia jadi suka asik sendiri dengan gadget dan kehidupan barunya di sosial media contohnya facebook dan twitter jadi dia kurang perduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya. 2. Sistem ekonomi  3. Keluarga dan terakhir 4. Kekuasaan politik , kebudayaan di Indonesia juga beragam ada kebudayaan busana batik , tari tradisional , pencak silat dan banyak lainnya , sempat juga kebudayaan kita di klaim oleh Negara tetangga jadi kita sebagai rakyat Indonesia harus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan kita agar budaya kita tidak di klaim lagi sama Negara tetangga .


Contoh penduduk , masyarakat dan kebudayaan di wonogiri , sebagian penduduk di wonogiri adalah petani musiman, karena daerah disana yang tandus di musim kemarau jadi sebagian besar laki-lakinya menjadi perantau, dan pada musim hujan mereka kembali ke desanya untuk kembali bertani , pada umumnya gaya hidup masyarakat wonogiri masih sangat tradisional seperti masak disana masih memakai kayu bakar karena disana masih jarang kompor gas , untuk komunikasi juga susah karena disana masih daerah pegunungan jadi signal masih sangat lemah , budaya di sana itu ada gamelan , karawitan, ding dan wayang kulit , untuk makanan khasnya itu ada tiwul , bakso dan mie ayam yang terkenal dengan cita rasanya , untuk tempat wisata disana ada waduk gajah mungkur dan goa gong .

0 komentar:

Posting Komentar

 

nimas leonita :D Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea